Jumat, 11 Oktober 2024

Bawaslu Muratara Sosialisasi Peran Millenial Dan Media Dalam Pengawasan Pemilu .



Muratara,Mataharinews. Com Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Musi Rawas Utara mengadakan kegiatan sosialisasi guna memperkuat Pengawasan untuk mengawal pesta Demokrasi Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati serentak tahun 2024.


Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu), sehingga diharapkan muncul relawan-relawan dan banyak pihak yang siap membantu melaporkan setiap pelanggaran Pelaksanaan  Pemilu. 


Hal tersebut sangat membantu Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah, pada akhirnya akan tercipta Pemilu yang berintegritas tingi, Jujur dan Demokratis.


Untuk kegiatan kali ini, prioritas  memperkuat pengawasan adalah Generasi Millenial dan Awak Media yang ada di Kabupaten Muratara.


Acara yang bertajuk " Sosialisasi Pengawasan Pemilu"  Peran Generasi Millenial dan Media Dalam Mengawal Pesta Demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilihan Serentak 2024. Digelar, Jumat-Minggu, 11-13/10/2024 dihotel Dewinda Lubuk Linggau.



Dalam sambutan pembukaan acara, Ketua Bawaslu Muratara, Khoirul Alamsyah, mengharapkan peran Generasi Millenial dalam pengawasan Pemilu terlihat aktif, juga kepada awak media turut berpartisipasi dengan berita-berita faktual dan membantu pengawasan.


" Adik-adik Generasi Millenial dan merupakan Pemilih Pemula, merupakan ujung tombak kami dalam pengawasan Pemilu secara partisipatif, Karena itu jangan takut untuk melaporkan setiap temuan pelanggaran, kami Bawaslu Muratara siap memproses setiap laporan Kalian " Ujarnya 


Hadir juga ibu Dra.massuryati dari Bawaslu provinsi sum-sel sebagai penyampaian materi sosialisasi pemilih Pemula dan Peran generasi milenial juga awak media.


Lebih lanjut Hairul menjelaskan bahwa Generasi Millenial dan Media diikutkan dalam acara ini untuk memberi bekal pengetahuan, sehingga memahami strategi pengawasan partisipatif.


" Adik-adik SMA sederajat se-muratara dan sahabat Media teruslah bersemangat dalam menerima materi, sebab untuk melahirkan Pemimpin Muratara Kedepan dia harus mematuhi norma-norma yang berlaku, karena itu peran kalian sangat penting dalam mengawal pesta Demokrasi " Jelasnya.


Sementara itu, Kordinator Sekretaris Bawaslu Muratara, Zasili dalam sambutannya menjelaskan tujuan kegiatan.


" Sosialisasi pengawasan Pemilu ini bertujuan diantaranya, memperkuat Pengawasan dengan peran Pengawasan Partisipatif yakni Generasi Millenial dan Media. Menumbuhkan kesadaran Generasi millenial dalam pengawasan Pemilu serta diadakan deklarasi menolak berita Hoax" katanya.


Keterangan yang diperoleh awak media, peserta kegiatan ini berjumlah 80 orang, sebagian besar Siswa/Siswa SMA sederajat se-muratara, awak media, panwascam se-muratara, staf sekretariat Bawaslu Muratara dan angota Bawaslu provinsi.


Komentar ucapan terima kasih dan rasa bangga datang dari seorang siswi, karena telah diundang dalam acara ini.


" Saya merasa bangga karena diundang dalam acara ini, untuk pertama kali Bawaslu Muratara mengadakannya dengan melibatkan Siswa/Siswi  SMA sederajat se-muratara dan merupakan Pemilih Pertama, kami merasa diberdayakan dan dijadikan ujung tombak Pengawasan Partisipatif. Status kami masih pelajar, seakan mempunyai peran sangat penting, untuk mengawal Pesta Demokrasi supaya berjalan sesuai koridor hukum yang berlaku " ungkap yulia , Pelajar Kelas 3 SMA  Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara.


Rils.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox