Kamis, 19 September 2024

KPUD Sosialisasi Pemilih Pelajar Se Kabupaten Musi Rawas Utara


Muratara MatahariNews.Com – Komisi Pemilihan Umum Daerah kabupaten Muratara propinsi sumatera selatan menggelar sosialisasi, diikuti para Pelajar SMK, SMA, MA se Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).


Kegiatan sosialisasi Pendidikan Pemilih Untuk Segmen Pemilih Pemula dan Pemilih Muda dalam Pemilihan Umum Daerah Tahun 2024.


Kegiatan sosialisasi dalam tiga hari akan di isi dengan berbagai macam lomba. Diantaranya lomba cerdas cermat, orasi politik dan video kreasi.


Sosialisasi sendiri dibuka Ketua KPU Muratara, Heriyanto diwakili Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Jemi Haryanto, dihadiri Asisten II, Effendi Asiz, Kaban Kesbangpol, Disdukcapil, di halaman Kantor KPU Muratara, Kamis (8/8/2024).


Ketua KPU Muratara, Heriyanto diwakili Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Jemmy Haryanto, memohon maaf dari ketua KPU Kabupaten Musi Rawas Utara  tidak bisa hadir  di acara Gebyar Sosialisasi Pemilih Pemula hari ini.


“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah melaksanakan kegiatan gebyar sosialisasi ini, semoga kita semua dapat mensosialisasikan Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Muratara,sehingga apa yang menjadi tujuan kita pada hari ini adalah untuk mensukseskan Pilukada serentak tahun 2024,”harapnya.


Sementara itu Asisten II Setda Muratara, Effendi Asiz, mengatakan Pemerintah Kabupaten Muratara memberikan apresiasi kepada KPU Muratara yang telah menggelar gebyar sosialisasi dan pendidikan politik bagi pemilih pemula pada pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2024.


Dalam upaya memberikan pemahaman kepada mereka bagaimana pentingnya pemilu bagi kelanjutan Negara Indonesia. Sehingga mereka nanti kepanjangan tangan pemerintah untuk ikut mensosialisasikan tahapan Pilukada 2024.


Selanjutnya ucapan selamat datang dan terima kasih kepada narasumber Edi Sutriyono M.Pd, dan para siswa-siswi SLTA sebagai peserta sosialisasi.


“Mudah-mudahan melalui kegiatan yang kita laksanakan ini dapat memberikan pendidikan politik yang baik kepada siswa-siswi SLTA,” harapnya.


Sehingga mereka tidak  mudah terpengaruh oleh isu-isu, dalam menentukan pilihannya. Selain itu juga untuk meminimalisir Golput yang banyak berasal dari pemula sekaligus untuk merubah pola pikir sebagai Pemilih.


” Kami juga berharap melalui momentum sosialisasi ini para pemilih pemula ini bisa mendapatkan pengetahuan tentang pendidikan politik yang benar sehingga mereka mendapatkan informasi yang jelas dan benar tentang calon pilihannya mengingat untuk bersatu mewujudkan demokrasi yang baik maka dibutuhkan peran serta partisipasi Pemuda pesta demokrasi ini,” ucapnya.


Dengan berbagai isu kepemiluan seperti media sosial politik dan pemilu pelanggaran pemilu dan Departemen tetap dengan memberi informasi tersebut para pemilih pemula memiliki pondasi yang kuat.  Karena sudah memiliki pemahaman tentang politik peserta sosialisasi.


“Kami mengajak semua peserta untuk mengikuti dan berkontribusi dalam kegiatan ini gunakanlah waktu yang singkat ini dengan sebaik-baiknya agar dapat menghasilkan hal-hal positif dan bermanfaat bagi diri sendiri lingkungan sekitar dan kemajuan daerah,” harapnya.


Sedangkan Ketua Panitia sekaligus Kasubag teknik KPU Muratara, Busairi, menjelaskan  tujuan dilaksanakan kegiatan ini KPU akan mensosialisasikan pemilihan serentak tahun 2024 terutama kepada para pemilih pemula yang dalam hal ini sasarannya adalah anak-anak SMA, SMK, MA dan sederajat se-kabupaten Muratara.


Dijelaskannya kegiatan ini diisi dengan berbagai macam lomba. Rincinya lomba Cerdas Cermat, Orasi Politik dan Video Kreasi.


Masih katanya untuk lomba cerdas cermat diikuti 24 tim, lomba orasi politik diikuti 19 orang dan terakhir lomba video kreasi diikuti


Ardi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox