Wartawan Dukung Kapolrestabes Medan Hempang Berita Hoax

Photo: Pemred Pewarta.co, Chairum Lubis, SH menandatangani Ikrar Bersama Hempang Berita Hoax. (rel)

Medan- Kapolrestabes Medan, Kombes Pol H DR. H.  Dadang Hartanto, SH, SIK, MSi meminta kepada wartawan bisa menghempang berita Hoax (bohong) yang bisa merusak suasana tahapan Pilgubsu dan Pilkada Bupati Kabupaten Deliserdang menjadi tidak kondusifitas.

Sehubungan itu, Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto melakukan ikrar bersama dengan wartawan untuk menciptakan suasana kondusif di Kota Medan.

“Wartawan mempunyai peran yang penting membertakan berita yang layak cetak dan bukan berita hoax, ujaran kebencian dan isu-isu SARA yang bisa menimbulkan keresahan masyarakat. Harus diantisipasi dengan baik. Apalagi memasuki tahapan Pilgubsu dan Pilkada Bupati Kabupaten Deliserdang,” papar Dadang ikut mendatangani ikrar bersama jurnalis media cetak, elektronika dan media online anti hoax, anti ujaran kebencian serta isu SARA di Medan baru-baru ini.

Kata dia, masyarakat sangat mudah terpancing dengan berita bohong dan berita ujaran kebencian untuk merusak suasana nyaman dan aman di Kota Medan.

Dengan adanya berita tersebut masyarakat bisa berbuat untuk merusak citra baik salah satu kandidat yang ingin menjadi nomor satu di Sumut dan di Kabupaten Deliserdang.

Untuk itu, Dadang berharap kepada media yang sudah melakukan ikrar bersama itu terlibat memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat.

“Wartawan harus menjunjungi tinggi profesionalnya dalam meliput dan mengemas berita yang layak cetak untuk dibaca oleh masyarakat,” imbuhnya.

Namun dia mengakui, tahapan Pilgubsu dan Pilkada sangat rentan dengan isu SARA. “Saya selaku Kapolrestabes Medan tidak segan untuk menindak tegas yang ingin mengangkat isu SARA dan menebar kebencian di masyarakat,” tambah Dadang.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan (Pewarta) Polrestabes Medan, Chairum Lubis SH mengaku, bangga melihat seluruh wartawan Kota Medan ikut ikrar bersama menghempang berita hoax yang bisa merusak suasana aman di Medan.

“Berita yang baik bisa menjaga suasana aman menjelang Pilgubsu dan Pilkada di Medan,” tandasnya.

Dalam acara itu, hadir Dandim 0201/BS Kolonel Bambang Herqutanto, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Ketua PWI Sumut, H. Hermansjah, SE, Ketua SPS Farianda Putra Sinik, Ketua MUI Medan Prof Muhammad Hatta (rel)

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *