Waka PN Medan Pimpin Sidang Kasus Penyuapan Bupati Batubara

Medan- Wakil Ketua PN Medan Wahyu Setyo Prabowo bakal memimpin persidangan dua kontraktor yang terlibat dalam kasus penyuapan Bupati non aktif Batubara OK Arya. Dia bersama dua hakim lainnya yaitu Sontan Marauke dan Roslawny Tobing ditunjuk untuk menangani perkara tersebut.

“Berkas untuk tersangka Maringan Situmorang dan Syaiful Azhar sudah kita terima pada 21 November kemarin. Pak Waka dan Pak Sontan serta Bu Roslawny ditunjuk jadi majelis hakim, ” ucap Humas PN Medan, Erintuah Damanik kepada wartawan, Senin (27/11/2017).

Juru bicara pengadilan itu juga menyebutkan Pengadilan sudah menetapkan tanggal 7 Desember 2017 sebagai jadwal sidang perdana untuk kedua terdakwa.

“Kamis, 7 Desember itu ditetapkan jadwal sidangnya. Agendanya biasa lah dakwaan dari JPU,” sebut Erintuah.

Dalam nota dakwaan yang diterima Pengadilan kata Erintuah, dua terdakwa itu dijerat dengan pasal mengenai penyuapan.

” Dakwaannya itu pasal 5 ayat 1 dan Pasal 13 UU Tipikor,” tandas Erintuah.

Diberitakan sebelumnya, Maringan dan Syaiful ditangkap KPK bersama Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain serta perantara suap yang juga bos “Ada Jadi Mobil” Sujendi Tarsono alias Ahien dan Kadis PUPR Helman Herdadi pada 13 September 2017. Mereka ditangkap di rumah Dinas Bupati Batubara,berikut barang bukti uang suap Rp.346 juta.

Uang suap yang berhasil diamankan KPK adalah uang bertahap yang diberikan rekanan kepada Bupati OK Arya,melalui Ahien,untuk pembangunan sejumlah infrastruktur jembatan,di sejumlah kawasan di Kabupaten Batubara. (mn)

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *