Speed Boad Karam, Wakapolres Labuhan Batu Ditemukan Tewas

 

Medan- Wakapolres Labuhan Batu, Kompol Andi Chandra ditemukan tak bernyawa, Minggu (22/4) pagi sekira pukul 10.00 WIB. Andi menjadi satu-satunya korban tewas pasca insiden tenggelamnya kapal yang ia naiki bersama Kapolres Labuhan Batu AKBP Frido Situmorang dan personel lainnya, saat melintas di Sungai Palas dalam perjalanan dari Polsek Seiberombang menuju Polsek Labuhan Bilik, Sabtu (21/4) kemarin.

“Pada hari Minggu 22 April, sekitar pukul 10.00 WIB telah ditemukam Wakapolres Labuhan Batu Kompol Andi Chandra SIK SH MH dalam keadaan meninggal dunia,” ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting.

Rina menjelaskan, Kompol Andi ditemukan oleh tim gabungan dalam keadaaan meninggal dunia tidak jauh dari lokasi  karamnya speed boad Pol Airud Polres Labuhan Batu yang ditumpangi Kapolres Labuhan Batu beserta PJU di perairan Desa Sei Lumut, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhan Batu.

“Dugaan speed boad menabrak tunggul kayu, kemudian bocor dan tenggelam. Jenazah dimakamkan tadi malam di Desa Bandar Melala, Kecamatan Maligas, Kabupaten Simalungun,” kata Rina.

Rina menceritakan, peristiwa itu terjadi ketika rombongan Kapolres Labuhan Batu baru saja selesai menghadiri acara di Berombang dan akan kembali menuju Sarang Elang. Akan tetapi, baru sekitar 10 menit berjalan, spead boad Pol Air yang digunakan menabrak tunggul kayu sehingga mengalami kebocoran, lalu tenggelam.

Dikatakan Rina, seluruh ABK dan penumpang berjumlah 7 orang personel Polri, termasuk didalamnya Kapolres Labuhan Batu dan Wakapolres Labuhan Batu. Akan tetapi, pada awal kejadian hanya 6 personel yang berhasil diselamatkan termasuk Kapolres Labuhan Batu, sedangkan Wakapolres Labuhan Batu sempat hilang hingga akhirnya ditemukan telah meninggal.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, pada pukul 13.00 WIB, rombongan Kapolres Labuhan Batu AKBP Frido Situmorang beserta jajarannya menggunakan boat menuju Kelurahan Labuhanbilik, Kecamatan Panai Tengah, Labuhan Batu untuk melakukan kunjungan kerja.

Selanjutnya, pada Pukul 14.30 WIB, kunjungan kerja itu dilanjutkan Kapolres Labuhan Batu beserta jajarannya ke Kelurahan Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir, Labuhan Batu.

Lalu, pada pukul 16.00 WIB, rombongan Kapolres bergerak kembali menuju Tangkahan Tanjung Sarang Elang, Kecamatan Panai Hulu, Labuhan Batu. Namun, pada pukul 16.30 WIB, dalam perjalanan di Perairan Desa Sei Lumut Kecamatan Panai Tengah, Labuhanbatu, 1 unit boat yang membawa Kapolres dan Wakapolres Labuhanbatu tenggelam, sehingga beberapa unit boat lainnya yang melihat kejadian tersebut langsung berupaya untuk memberikan bantuan, dan selanjutnya berhasil menyelamatkan Kapolres AKBP Frido Situmorang.

“Tenggelamnya 1 unit boat yang ditumpangi oleh Kapolres Labuhanbatu beserta jajarannya diduga disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Antara lain gelombang air yang cukup tinggi di perairan tersebut, kelebihan muatan/over load maupun bisa menabrak sesuatu di perairan tersebut,” kata Sutopo. (mt2)

 

Recommended For You


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *