Silaturahmi dengan Pengemudi Angkot se-Kota Medan, Kapolda Minta Jaga Kamtibmas Sumut

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto saat berinteraksi dengan pengemudi angkutan kota. (mt2)

Medan- Ribuan pengemudi angkutan kota (angkot) se-Kota Medan menggelar silaturahmi dengan Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH, bertempat di Lapangan KS Tubun markas Polda Sumut Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan, Selasa (23/10) malam.

Dalam sambutannya, Kapolda mengucapkan terima kasih kepada para sopir karena mau singgah di sini (Polda Sumut). Menurut Agus, Polda Sumut adalah rumah rakyat, yang kapan dan siapa saja boleh datang walau hanya untuk bersilaturahmi.

“Terima kasih sudah mau datang ke sini. Ini adalah rumah rakyat. Saya sering kali menyampaikan kalau beruntung saja nafas itu tidak bayar, kalau bayar kita gak akan bisa membayarnya. Selamat datang pahlawan transportasi Kota Medan,” ujar Agus mengawali interaksi dengan para sopir angkutan kota.

Agus mengingat, saat dia menjabat sebagai Wakapolda Sumut, pernah para sopir angkutan kota melakukan mogok massal. Baginya, jika itu terjadi, yang paling pening adalah polisi. Selain menyiapkan truk untuk mengangkut masyarakat, pihaknya juga meminta bantuan kepada TNI.

“Terima kasih, karena selama dua tahun ini hanya sekali melakukan mogok. Kalau bisa jangan lagi. Kalau ada masalah nanti kita bicarakan,” ungkap Agus yang disambut tawa para sopir angkot.

Agus mengatakan, dirinya sudah 12 tahun bertugas di Medan dan banyak jabatan yang pernah saya dia emban di Sumut. Cepat atau lambat, kata Agus, dirinya akan pindah dan dia ingin meninggalkan kesan baik.

“Jika salah, tegur saya. Di medan, saat ini kami sedang gencar-gencarnya menertibkan lalulintas. Jadi jika ada yang merasa terganggu, mohon maaf karena ini demi Kota Medan,” ungkap Agus.

Selain kemacetan, tambah Agus, pihaknya juga sedang gencar-gencarnya memberantas preman untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat. Agus bilang, mudah-mudahan selama jadi kapolda, dia punya kesempatan untuk meninggalkan yang baik. Suatu saat, katanya, jika dirinya mati dia ingin ada cerita bahwa dulu ada zaman yang seperti ini.

Diakhir sambutannya, jenderal bintang dua tersebut berpesan jangan menjadi orang yang melampaui batas. Dia juga memohon bantuan dan dukungan untuk menjaga suasana Kamtibmas di Sumut. Menurutnya, jika ada konflik yang rugu adalah masyarakat.

“Apalagi ini masih masa pemilu ini. Beda pilihan boleh, tapi jangan berkelahi. Jangan mau diadu domba dan jangan mau ditunggani oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” tukas Agus.

Mewakili para sopir angkutan kota, Sekretaris Organda Medan, Jaya Sinaga mengatakan, pertemuan ini adalah sejarah bagi mereka dimana seorang Kapolda bisa hadir ditengah-tengah mereka.

“Ini adalah bentuk apresiasi kami atas kinerja Kapolda. Banyak pasar di Medan yang sudah rapi, contohnya Sukaramai, Sei Sikambing dan pasar Simpang Limun. Kami berkeinginan bapak terus yang memimpin kami,” teriak Jaya yang disambut tepuk tangan para sopir angkutan kota.

Dalam acara tersebut, panitia juga menampilkan korban kecelakaan lalu lintas yang kakinya harus diamputasi. Dia berharap, para sopir angkutan kota selalu berhati-hati saat melintas di jalan raya. Selain makan bersama, dalam acara tersebut Kapolda juga memberikan tali asih dan bingkisan. (mt2)

Recommended For You


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *