Pengajian Akbar Uswatun Hasanah Tepungtawari Calon Bupati Batu Bara Ir H Zahir, Fitnahan Tak Dapat Merusak Kecerdasan Masyarakat

Photo: Pengurus dan anggota Pengajian Akbar Uswatun Hasanah “menyerbu” berebut menepungtawari dan menyalami Calon Bupati Batu Bara Nomor Urut 3 Ir. H. Zahir, MAP.

Limapuluh- Sekitar 400 anggota Pengajian Akbar Uswatun Hasanah yang merupakan gabungan dari Perwiritan Kaum Ibu 9 Desa di Kecamatan Limapuluh melaksanakan tepung tawar kepada Calon Bupati Batu Bara Nomor Urut 3, Ir. H. Zahir, MAP, di sela kegiatan pengajian bulanan di Desa Pematang Panjang, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batu Bara, Minggu (6/5/2018).

Zahir hadir atas undangan penyelenggara kegiatan tersebut, yang disambut hangat. “Selamat datang kepada Calon Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP,” ucap Ketua IPQOH Sumatera Utara H Tuah Sirait MA yang saat itu tengah menyampaikan tausyiah di atas pentas saat melihat kehadiran Calon Bupati yang berpasangan dengan Calon Wakil Bupati Oky Iqbal Frima SE tersebut.

Ketua IPQOH Sumut itu juga sempat memperkenalkan siapa H Zahir yang merupakan putera terbaik Batu Bara dan kini menjadi anggota DPRD Sumatera Utara.

Menurutnya, ia dan Zahir pada Oktober 2017 lalu bersama-sama berada di Nusa Tenggara Barat saat penyelenggaraan MTQ Nasional dan kemudian di sana saat itu ditetapkan Provinsi Sumatera Utara menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-27 bulan Oktober 2018 mendatang.

Sementara itu Ketua MUI Batu Bara H Gazali Yusuf Lc yang hadir dan memberikan bimbingan/pengarahan pada pengajian tersebut, juga menyambut hangat kehadiran Zahir seraya mempersilakan duduk di sebelahnya dan tampak mereka sempat berbisik-bisik.

Kemudian, dengan diiringi sholawatan yang dilantunkan bersama-sama oleh segenap peserta pengajian, Ketua MUI Batu Bara tersebut mengawali melakukan tepung tawar kepada Zahir, diikuti oleh Pembina Pengajian Akbar Uswatun Hasanah H Darius SH, MH, dan yang mewakili Kapolres serta undangan lainnya termasuk seluruh pengurus dan anggota pengajian.

Suasana haru terlihat ketika sekitar 400-an peserta pengajian “menyerbu” untuk berebutan melakukan tepung tawar dan menyalami Zahir. Bahkan di antara kaum ibu yang rata-rata setengah baya ke atas tersebut, ada yang memeluk Zahir dengan mata berkaca-kaca tanda penuh rasa haru. Terakhir tepung tawar dilakukan oleh ketua pengajian H Rusmini dan sekretaris Yuni S.Pd.I.

Zahir sendiri terlihat begitu haru dan sempat menitikkan air mata karena tidak menyangka begitu hangatnya sambutan para kaum ibu anggota pengajian tersebut, termasuk tidak menduga sehangat itu pula sambutan Ketua MUI Batu Bara kendati menurutnya memang hubungan mereka selama ini cukup baik. Kufiyah dan baju putih yang dikenakannya penuh dengan taburan bunga-bunga dan basah dengan air tepung tawar, menambah rasa haru dan bahagianya.

Ketua MUI Batu Bara H. Gazali Yusuf, Lc saat menepungtawari Calon Bupati Batu Bara Nomor Urut 3 Ir. H. Zahir, MAP.

Seperti diketahui, Ir H Zahir MAP saat ini menjabat Bendahara Pengurus Wilayah (PW) Al Washliyah Sumatera Utara serta sedang dipercayakan menjadi Plt Ketua Pengurus Daerah (PD) Al Washliyah Kabupaten Batu Bara. Para personel di Pengajian Akbar Uswatun Hasanah sendiri terdiri dari banyak warga Al Washliyah, sehingga kehadiran Zahir memenuhi undangan tersebut ibarat pertemuan sesame keluarga sendiri.

Pengajian Akbar Uswatun Hasanah Kabupaten Batu Bara yang berdiri sejak tahun 2012 dengan Pembina H Darius SH, MH itu diketuai oleh Hj Rusmini dengan sekretaris Ruhwani S.Pd yang akrab disapa Yuni dan bendahara Mimi. Pengajian akbar ini merupakan hasil berhimpunnya perwiritan kaum ibu dari 9 desa, yakni Desa Titi Putih, Pematang Panjang, Pasir Permit, Titi Merah, Bulanbulan, Lubuk Cuik, Gunung Bandung, Guntung dan Lubuk Keladi (Tanah Itam Uluh).

Setelah berhimpun, Pengajian Akbar Uswatun Hasanah antara lain melaksanakan kegiatan rutin berupa pengajian dalam minggu keempat setiap bulan.

“Dalam kegiatan ini mereka juga mengumpulkan infaq/sadaqah bagi kepentingan memakmurkan masjid dan kegiatan social keagamaan lainnya,” ungkap H Darius di sela acara kepada wartawan.

Zahir sendiri sangat terkesan. “Alhamdulillah, ternyata saya tetap berterima di hati para ibu-ibu anggota perwiritan atau pengajian ini, padahal saya belakangan ini banyak difitnah secara keji oleh pihak lawan politik dengan hal yang buruk-buruk. Syukurlah, ini pertanda fitnahan-fitnahan itu tidak dapat merusak kecerdasan masyarakat yang tetap mengatahui mana yang benar,” ujar Zahir kepada wartawan yang sempat menyambanginya usai acara tersebut.

Zahir menyebutkan sejumlah fitnahan keji yang dilancar oleh pihak lawan politik untuk merusak kredibilitas dan membunuh karakternya. Antara lain, ada berita yang dikarang-karang dan ditebar pada Pilkada 2013 lalu ketika ia juga maju sebagai calon bupati, sekarang fitnahan yang dikemas seolah sebuah berita media massa tersebut ditabar lagi termasuk melalui media social. Ceritanya seolah-olah Zahir menghamili seorang perempuan SPG (Sales Promotion Girl).

“Yang lucunya, perempuan itu hamil sejak tahun 2013, tapi sampai sekarang masih tetap hamil terus. Sudah lima tahun, anaknya tak lahir-lahir. Dikira orang tu, warga Batu Bara ini bodoh-bodoh tak bisa mencerna logika,” tukasnya sambil tertawa.

Ada lagi fitnahan, Zahir disebut menerima suap Rp1,5 M. “Lah, kalau memang ada uang itu bawalah ke sini, saya memang sedang butuh uang ni, hahahaa…,” ujar Zahir sembari tertawa lepas.

Ada lagi yang baru, pasca kampanye tanggal 3 Mei kemarin, ditebarkan cerita seolah-olah ada peserta kampanye yang dijanjikan diberi uang Rp100.000,- tetapi tak ditepati sehingga kecewa lalu membakar kaos Zahir-Oky. Dikemas pula cerita itu seperti berita media, disebut pula nama orang yang seolah-olah kecewa tetapi mereka tidak berani menyebut alamat tempat tinggalnya, mungkin takut diusut dan semakin terbuka borok dan bohongnya.

“Hahaa… rendah kali settingannya sehingga sangat ketahuan perbuatan fitnahnya. Tapi saya benar-benar berterima kasih kepada warga masyarakat Batu Bara yang tumpah ruah di lapangan kampanye tersebut, ada yang memperkirakan 20.000-an orang. Yang jelas lapangan dan kawasan sekitarnya sampai ke jalan sepanjang sekitar satu kilometer, menjadi lautan manusia. Saya sendiri sampai terlambat masuk arena kampanye, karena gerak kendaraan macet dan harus berjalan kaki dari dekat persimpangan jalan raya (Jalinsum) ke lokasi yang berjarak sekitar 1 km,” ujarnya.

Pembina Pengajian Akbar Uswatun Hasanah H. Pembina Pengajian Akbar Uswatun Hasanah H. Darus, SH, MH “menyerbu” berebut menepungtawari dan menyalami Calon Bupati Batu Bara Nomor Urut 3 Ir. H. Zahir, MAP.

Ia menegaskan, kehadiran massa sama sekali tidak dibayar atau menjanjikan bayaran. Panitia hanya menyediakan kaos Zahir-Oky dan anggkutan yang diajukan melalui Kordes-Kordes relawan pendukung Zahir-Oky.

“Tetapi sebagian besar juga menggunakan atau mengupayakan angkutan sendiri. Ada yang pakai mobil pribadi, ada juga simpatisan yang menyumbang penyediaan truk-truk yang tidak tertampung oleh angkutan dari Kordes, ada yang menyewa bus umum maupun dengan sepeda motor sendiri,” ujarnya.

Fakta di lapangan, kampanye tersebut memang terlihat luar biasa. Kesuksesan ini menunjukkan kerja keras segenap Relawan Pendukung Paslon Bupati Batu Bara Nomor Urut 3 Zahir-Oky terdiri dari sejumlah simpul yang solid, ikhlas dan tanpa pamrih. Begitu pula dukungan partai-partai pengusung serta partai dan organisasi pendukung yang bekerja sepenuh hati.

“Yah, saya merasakan semua itu sebagai sebuah kebersamaan yang tinggi. Semua ini bukan sekedar karena Zahir dan Oky, tetapi lebih karena kita bersama ingin membangun perubahan di Kabupaten Batu Bara menjadi lebih ke depan, membangun kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Batu Bara, dan semua yakin bahwa dengan Bupati-Wakil Bupati Zahir-Oky harapan itu bisa kita wujudkan,” ungkap Zahir dengan suara bergetar. (rin)

Recommended For You


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *