Ketua PP Batu Bara Yakat Ali: Jangan Ada yang Coba-coba Ganggu Kemenangan Paslon Zahir-Oky

Lima Puluh – Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kabupaten Batu Bara H Yakat Ali menegaskan, jangan ada yang mencoba-coba mengganggu kemenangan Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Batu Bara nomor urut 3, Ir. H. Zahir, MAP – Oky Iqbal Frima, SE pada Pilkada yang berlangsung Rabu, 27 Juni 2018, barusan.

“Saya sudah memantau penyelenggaraan Pilkada kemarin, semua berlangsung denan baik dan tidak ada laporan terjadi kecurangan. Jadi, hasilnya — yang berdasarkan penghitungan sementara dimenangkan oleh Paslon Zahir-Oky – merupakan kewajiban semua pihak untuk mengawalnya. Saya sebagai Ketua MPC PP Batu Bara mengingatkan, jangan ada yang coba-coba mengganggu kemenangan Paslon Zahir-Oky,” tegasnya dalam kesempatan berbincang di Kushi Dhakar Lima Puluh, Kamis (29/6/2018) malam.

Yakat mengingatkan, Pilkada adalah ajang untuk memilih pemimpin, dalam hal ini Bupati-Wakil Bupati Batu Bara periode 2018-2023. Selama masa kampanye setiap Paslon berkompetisi untuk meraih simpati rakyat agar memilih Paslonnya. Bahwa Paslon mana yang terpilih telah ditentukan pada hari “H” pemungutan suara, dan pilihan rakyat itu harus diterima semua pihak.

“Dan hasil Pilkada ini telah memilih Paslon Zahir-Oky sebagai Bupati-Wakil Bupati Batu Bara periode 2018-2023, itu adalah pilihan rakyat. Saya walaupun (dalam proses Pilkada ini) tidak mendukungnya, tetapi setelah terpilih saya menerimanya dan siap mengawalnya. Jadi jangan ada yang coba-coba mengganggu, akan berhadapan dengan PP. Sebab setelah terpilih, Zahir-Oky menjadi Bupati-Wakil Bupati seluruh masyarakat Batu Bara,” pungkas Yakat Ali.

Pada kesempatan itu Yakat juga menyampaikan salam hormat kepada Paslon Zahir-Oky, sembari berharap di bawah kepemimpinan Paslon ini kelak Kabupaten Batu Bara dapat membangun diri menjadi lebih baik dari masa sebelumnya. Ia juga meminta agar Ir H Zahir MAP sebagai bupati nantinya memiliki integritas tinggi, sehingga dalam mengambil kebijakan tidak terpengaruh oleh upaya-upaya melenceng.

Sebelumnya, Kamis sore terbetik informasi adanya serombongan orang mendatangi gudang penyimpanan kotak-kota suara di PPK Lima Puluh dan mencoba untuk memasukinya. Namun aparat kepolisian yang bertugas menjaga, dengan tegas melarangnya.

Belum diketahui rombongan dari pihak mana yang datang tersebut, namun Kapolsek Lima Puluh Pak Siregar saat bertemu di Kushi Dhakar membenarkan adanya kehadiran orang-orang tersebut. Menurutnya, tidak terjadi insiden negative sebab ia melayani pertanyaan-pertanyaan mereka dengan baik. Kapolsek juga menegaskan akan menjaga sepenuhnya keamanan kotak-kotak suara tersebut.

H Yakat Ali sendiri tampak terkejut mendengar informasi tersebut. “Orang-orang dari mana itu, Pak..!?” tanyanya spontan yang dijawab Kapolsek bahwa belum diketahui pasti asalnya. “Kalau begitu, harus dijaga ketat gudang kotak-kotak suara itu, jangan sampai ada yang mencoba curang,” harapnya.

Kabar adanya serombongan orang mendatangi gudang PPK juga sampai ke Pendopo Pemenangan Zahir-Oky di kawasan Simpang Dolok, dan mereka segera melakukan penelisikan informasi. Menurut keterangan, kejadian itu membuat Tim Pemenangan Paslon Zahir-Oky mengambil langkah-langkah antisipasi dalam turut membantu aparat keamanan menjaga agar tidak terganggunya kotak-kotak suara yang tersimpan di gudang PPK, sebelum dikirim lebih lanjut ke KPUD di tingkat kabupaten.

Menurut jadwal yang sudah tersiar, penghitungan suara hingga penetapan hasil Pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Batu Bara akan berlangsung dalam rentang waktu tanggal 4 sampai dengan tanggal 6 Juli 2018.

PANWAS HARUS TINDAK

Sementara itu pratisi hukum Ahmad Yani SH yang secara pribadi turut memantau jalannya pemungutan suara Pilkada Batu Bara, Rabu (27/6), menyatakan dukungan terhadap kemenangan Paslon Zahir-Oky. “Saya seharian penuh hingga malam memantau situasi dan kondisi Pilkada Batu Bara ini, jadi saya tidak melihat adanya indikasi penyimpangan sehingga hasilnya harus dikawal oleh segenap rakyat Batu Bara,” ujar pengacara yang berpraktek di Medan dan berkampung halaman di Petatal Kabupaten Batu Bara ini.

Karena itu, ia juga meminta agar pihak KPU terutama Panwas harus benar-benar memberi perhatian penuh terhadap pengawalan terhadap keamanan kotak-kotak suara, hingga prosesnya rampung menjadi penetapan KPU Daerah Batu Bara. “Gudang penyimpanan kotak suara di setiap PPK (tingkat kecamatan) harus dijaga ketat, jangan sampai ada upaya-upaya mencurangi hasil penghitungan suara yang sudah dilakukan. Kalau sampai ada, pihak Panwas serta Kepolisian harus bertindak tegas,” harapnya. (ist)

Foto: Ketua MPC PP Batu Bara H. Yakat Ali. (Foto: ist/fb)

Recommended For You


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *