Kapolda Hadiri Sosialisasi Teknis Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw bersama para Pejabat Utama dan Kapolrestabes Medan saat berkunjung ke kantor KPUD Sumut. (istimewa)

Medan- Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw menghadiri sosialisasi teknis pendaftaran bakal pasangan calon gubernur dan wakil Gubernur di Kantor KPUD Sumut, Sabtu (6/1).

Dalam kunjungaannya, Kapolda didampingi beberapa Pejabat Utama Polda Sumut antara lain Karo Ops Polda Sumut, Dir Pamobvit Polda Sumut, Dir Intelkam Polda Sumut, Kabid Humas Polda Sumut dan Kapolrestabes Medan

Sesampainya di kantor KPUD Sumut, Kapolda diterima oleh Ketua KPU Sumut Mulia Banurea SAg MSi, Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan, Ketua Pokja Ir Benget Silitonga, perwakilan HIMPSI dan BNN, unsur penyelenggara Pilkada, Komisioner dan perwakilan partai politik pendukung calon.

Pertemuan ini sebagai kesiapan dan sosialisasi teknis pendaftaran bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut pada Pilkada tahun 2018.

Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea menjelaskan, berbagai kesiapan yang akan disediakan panitia salah satunya tempat bagi pimpinan partai maupun para pendukung bakal pasangan calon. Turut dibahas bagaimana proses pendaftaran bakal pasangan calon.

Selanjutnya, Mulia menjelaskan bahwa para calon harus memiliki syarat persetujuan dari pimpinan partai politik pusat. KPU Sumut sudah menerima surat dari masing-masing partai politik pendukung calon dan mendata beberapa calon pendaftar. Pasangan calon juga harus memenuhi salah satu syarat yaitu sehat jasmani dan rohani. Untuk pemeriksaan kesehatan, pasangan calon akan dirujuk ke Rumah Sakit Adam Malik.

Ketua Pokja, Benget Silitonga menyampaikan, beberapa tahapan dari pendaftaran bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut. Sementara itu, Pendaftaran akan dimulai tanggal 8 s/d 10 Januari 2018.

Kapolda Sumut dalam arahannya menyampaikan bahwa Polda Sumut siap dalam mengamankan Pilkada dan aktivitas masyarakat terkait Pilkada. Selain itu, pola-pola pengamanan telah dibuat salah satunya dengan diselenggarakannya Operasi Mantap Praja Toba 2018.

Kapolda Sumut menuturkan, Pilkada ini harus menjadi atensi bersama dari seluruh pihak. Untuk itu, diperlukan komunikasi intens serta transparansi kepada seluruh pihak.

“Mari kita kawal bersama-sama pesta demokrasi ini dan lakukan dengan hati ikhlas agar pelaksanaan Pilkada serentak 2018 ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Paulus. (mt2)

 

Recommended For You


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *