Kantor MUI Batu Bara Dibangun, Plt Bupati Bersama Bupati Terpilih Letakkan Batu Pertama

Lima Puluh – Plt Bupati Batu Bara H. RM Harry Nugroho SE dan Bupati Batu Bara terpilih (sesuai hasil penghitungan suara KPU) periode 2018-2023 Ir. H. Zahir, MAP bersama-sama didaulat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Batu Bara yang berlokasi di Kedai Sianam Desa Guntung, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara dalam satu acara di lokasi pembangunannya, Selasa (10/7/2018).

Peletakan batu pertama ditandai dengan pencurahan adukan semen dan pasir di atas sebuah lubang fondasi tiang utama bangunan kantor tersebut, yang secara berturut-turut dilakukan Plt. Bupati H. RM. Harry Nugroho, SE dan Bupati terpilih Ir. H. Zahir, MAP didampingi Ketua MUI Batu Bara H Gazali Yusuf, Lc, MA, ketua panitia pembangunan H. Darius, SH, MH beserta para undangan lainnya.

Ini merupakan kantor pertama yang bakal menjadi milik sendiri MUI Batu Bara, setelah sekitar sepuluh tahun majelis ini berdiri. “Selama ini, kantor MUI diperoleh dari menyewa kepada pemilik sehingga kerap berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya,” kata Ketua Panitia Pembangunan Kantor MUI Batu Bara H Darius SH, MH saat menyampaikan laporan di awal acara tersebut.

Pembangunan kantor MUI Batu Bara ini dapat mulai dibangun di lahan yang merupakah hibah dari seorang warga dermawan, H Manan, warga yang bermukim di Desa Simpang Dolok, Kecamatan Lima Puluh. “Alhamdulillah, ada seorang warga Batu Bara, dikatakan kaya tidak berpangkat pun tidak tetapi beliau terpanggil dengan ikhlas menghibahkan sebagian dari tanahnya untuk dijadikan tapak pembangunan kantor MUI. Beilau adalah Haji Manan,” ungkap H Darius sembari memperkenalkan dan meminta H Manan yang hadir di tengah hadirin, untuk berdiri.

Gedung ini direncanakan dibangun dengan perkiraan pembiayaan sektar Rp200 juta. “Kita mulai pembangunannya hari ini. Saat ini panitia memegang dana sebesar Rp20 juta, sedangkan kantor yang akan kita bangun membutuhkan biaya Rp200 juta-an. Mudah-mudahan Allah SWT akan memberikan rezki bagi penyelesaian pembangunannya,” imbuh H Darius praktisi hukum yang juga pengurus PW Alwashliyah Sumut itu.

Ketua MUI Batu Bara H Gazali Yusuf, Lc, MA juga menyampaikan harapan senada. Selain itu ia menyebutkan, saat ini lokasi kantor yang akan dibangun tampak seperti terisolir karena masuk sekitar seratus meter dari jalan utama Kedai Sianam – Simpang Gambus. Tetapi jika dilihat dari peta jalan yang ada, lokasi ini dilintas jalan utama Desa Guntung yang tentu ke depan akan dibangun lebih baik sehingga menjadi lebih ramai.

“Kita akan lihat beberapa tahun ke depan, lokasi ini akan menjadi ramai. Sebab tentu jalan ini akan ditingkatkan kualitas dan lebarnya, diaspal lebih baik. Kita berharap Bupati Batu Bara bapak Ir. H. Zahir MAP nantinya dan akan mewujudkan hal itu, bahkan kita berharap Plt Bupati Batu Bara saat ini bapak Harry Nugroho sudah mulai merealisasikannya sebelum menghadiri masa baktinya,” ungkap Ketua MUI tersebut yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Acara itu dihadiri ratusan undangan dan warga setempat, di antaranya terlihat Plt Kakan Kemenag Batu Bara H. Achmad Sofyan S.Ag, MA, Waka Polres Batu Bara pak Agus, Kapolsek Limapuluh pak Siregar, Camat Lima Puluh dan Kades Guntung Mukis. Selain itu juga hadir dua orang perwakilan dari pihak PT Inalum, sejumlah pengurus Al Washliyah seperti H Ruslan Hamid dan Azwar Awang, sejumlah tokoh masyarakat dan kalangan warga setempat.

Sedangkan Ir. H. Zahir, MAP yang dalam Pilkada 27 Juni 2018 barusan berdasarkan hitungan resmi KPU Batu Bara meraih suara terbanyak untuk menjabat Bupati Batu Bara periode 2018-2023 bersama Wakil Bupati Oky Iqbal Frima SE, hadir memenuhi undangan panitia pembangunan kantor ini didampingi sejumlah personel Tim Pemenangan-nya antara lain Syaiful Syafri, Azrin Marydha, Arham Matondang, Loly Sastra serta Relawan Bazar Syarkowi Hamid, Zulkarnain Achmad, Bahrumsyah dan lainnya.

Plt Bupati Batu Bara H. RM. Harry Nugroho SE dalam kata sambutannya menyampaikan harapan agar kantor ini dapat dibangun dan selesai dengan baik. Sementara pada kesempatan di acara itu juga bermunculan ikrar untuk memberikan sumbangan ikhlas dari sejumlah pihak seperti Pesantren Darussalam Guntur yang berlokasi tak jauh dari tapak kantor MUI tersebut, termasuk dari pribadi Bupati terpilih Ir. H. Zahir, MAP berupa 100 zak semen yang dana pembeliannya diserahkan langsung di lokasi. (am)

 

Foto: Secara berturut setelah Plt Bupati Batu Bara H. RM. Harry Nugroho SE maka Bupati Batu Bara terpilih Ir. H. Zahir, MAP mecurahkan adukan semen sebagai tanda peletakan batu pertama pembangunan Kantor MUI Kabupaten Batu Bara di Kedai Sianam Desa Guntung, Kecamatan Lima Puluh, Selasa 10 Juli 2018. (Foto: am)

Recommended For You


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *