GEMKARA Susun Program Kerja dan Keluarkan Pernyataan Sikap

Foto bersama sebagian peserta Mubeslub GEMKARA 2018 antara lain Prof Dr H OK Saidin SH, M.Hum dan Plt Kadisdik Bahrumsyah mewakili Pjs Bupati Batu Bara Faisal Hasrimy. (ist)

Medan- Musayawarah Besar Luar Biasa (Mubeslub) Gerakan Masyarakat Menuju Kesejahteraan Kabupaten Batu Bara (GEMKARA) 2018 menyusun program kerja untuk dijalankan oleh pengurus baru yang terpilih selama masa bakti 2018-2023. Di antaranyanya adalah melakukan konsolidasi intensif dalam rangka membenahi dan menata organisasi, melakukan kegiatan keekonomian, berupaya melaksanakan kegiatan pembinaan dan peningkatan sumber daya manusia generasi muda dan mendirikan yayasan menuju pendirian berbagai usaha termasuk perguruan dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Dalam Mubeslub yang berlangsung di Asrama Haji Medan, Kamis 10 Mei 2018 terebut, GEMKARA juga mengeluarkan pernyataan sikap dan rekomendasi, antara lain menyatakan rasa prihatin yang mendalam atas berkembangnya penyalahgunaan media social dengan penyebaran berita bohong (hoax), postingan-postingan bertendensi fitnah, penistaan, ujaran kebencian serta bersifat rasis dan/atau melukai perasaan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

Selengkapnya adalah sebagai berkut:

Pernyataan Sikap dan Rekomendasi

Mubeslub GEMKARA 2018

Dalam menghadapi perkembangan kondisi saat ini khususnya suasana Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati-Wakil Bupati Batu Bara serta Pemilukada Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2018, Mubeslub ini memandang perlu PB GEMKARA mengeluarkan Pernyataan Sikap dan Rekomendasi, sebagai pedoman bagi segenap pengurus dan anggota GEMKARA dalam bertindak dan bersikap di tengah masyarakat, yakni sebagai berikut :

  1. PB GEMKARA menyatakan sikap indepen terhadap kontestasi politik praktis yang tengah berlangsung dengan tidak membatasi hak sikap politik pribadi setiap pengurus dan anggotanya.
  1. PB GEMKARA menghimbau segenap warga dan elemen masyarakat untuk senantiasa menjaga situasi kondusif di Kabupaten Batu Bara sertajangan mudah terpancing atauterpovokasi oleh oknum/kelompok yang memiliki kepentingan pragmatis dan politis.
  1. PB GEMKARA menghimbau segenap warga dan elemen masyarakatuntuk menghindari tindakan destruktif yang dapat menganggu ketenangan kehidupan masyarakat dan/ataumengganggu jalannya pemerintahan di Kabupaten Batu Bara dibawah kepemimpinan Pjs. Bupati Batu Bata Faisal Hasyrimi yang diberi amanah oleh Pemerintah untuk menyukseskan jalannya pemerintahan dan pelaksanaan Pemilukada Bupati/Wakil Bupati Batu Bara tahun 2018.
  1. PB GEMKARA menyatakan tetap komit dan konsisten mendukung sertamem-back-up jalannya pemerintahan Kabupaten Batu Bara sepanjang pengelolaan dan pelaksanaan kebijakan pemerintahan dijalankan secara konstitusional.
  1. PB GEMKARA menyatakan rasa prihatin yang mendalam atas berkembangnya penyalahgunaan media social dengan penyebaran berita bohong (hoax), postingan-postingan bertendensi fitnah, penistaan, ujaran kebencian serta bersifat rasis dan/atau melukai perasaan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA), dan untuk itu merekomendasikan kepada pihak berwenang khususnya kepolisian agar melakukan /mengambil langkah-langkah tegas bagi penindakannya sesuai hukum yang berlaku.
  1. PB GEMKARA menghimbau kepada segenap warga Kabupaten Batu Bara yang telah memiliki hak pilih agar memastikan perolehan hak pilihnya dan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang datang ke Tempat Pemungutan Suara-Tempat Pemungutan Suara (TPS-TPS) untuk memberikan hak suaranya, memilih Bupati-Wakil Bupati Batu Bara dan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023 sesuai dengan hati nurani masing-masing.

Mubeslub yang berlangsung sehari penuh ini menghasilkan pengurus baru Pengurus Besar (PB) GEMKARA masa bakti 2018-2023 terdiri dari Ketua Dewan Pembina Prof Dr H OK Saidin SH, M.Hum, Ketua Umum Khairul Muslim, Ketua Harian Zulkarnain Achmad, Sekretaris Umum Syarkowi Hami dan Bendahara Umum Taufiq Doban. Sedangkan selanjutnya kelima pengurus baru beserta tim yang mereka bentuk, akan menyusun kepengurusan lengkap. (rin)

Recommended For You


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *