Dugaan Penipuan Rp 3 Miliar, Berkas Mujianto Dikembalikan Kejaksaan

Medan- Pihak kejaksaan mengembalikan berkas tersangka Mujianto terkait dugaan kasus penipuan yang tertuang dalam STTLP/509/IV/2017 SPKT “II” tertanggal 28 April 2017 dengan kerugian material mencapai Rp 3 miliar ke Polda Sumut.

“Berarti ada yang kurang dalam penyelidikan. Dan itu akan segera kita selesaikan secepatnya. Kalau poinnya tidak bisa kami beritahu dan tidak untuk konsumsi publik,” ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting, Minggu (4/2) menyatakan, pengembalian berkas dalam proses penyidikan itu hal biasa. “Berkas perkara ada yang P19, tentu penyidik akan melengkapi sesuai petunjuk P19,” kata mantan Kapolres Binjai tersebut.

Sebelumnya, Polda Sumut sudah menyerahkan berkas Mujianto ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Selasa (23/1) lalu. Setelah mendapat berkas dari Polda Sumut ternyata masih ada kekurangan dan pihak Kejati Sumut mengembalikan berkas Mujianto ke Polda Sumut untuk dilengkapi.

Sekadar mengingatkan, Mujianto ditetapkan sebagai tersangka atas laporan A Lubis (60) ¬†dalam kasus dugaan penipuan sesuai dengan STTLP/509/IV/2017 SPKT “II” tertanggal 28 April 2017 dengan kerugian material hingga mencapai Rp3 milliar.

Dugaan penipuan itu berawal dari ajakan kerjasama melalui staf Mujianto, Rosihan Anwar untuk melakukan bisnis penimbunan lahan seluas 1 Ha atau setara 28.905 M3 di atas tanah lahan di Kampung Salam Kelurahan Belawan II Kecamatan Medan Belawan sekitar Juli 2014 lalu.

Namun, setelah proyek selesai, Mujianto tidak menepati janjinya untuk membayar hasil pengerjaan A Lubis, sehingga merasa dirugikan miliaran rupiah dan melaporkan kasus itu ke Poldasu. (mt2)

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *