C-6 Bermasalah, Warga Mengeluh

Medan- Tidak maksimalnya distribusi undangan pencoblosan atau Surat C-6 menyebabkan kendala saat penggunaan hak suara. Seperti yang terjadi pada salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel (PBB) Baru, Kecamatan Medan Timur, Rabu (27/7/2018) lalu.

“Data yang kami dapat berdasarkan laporan Pengawas TPS masing-masing, banyak warga mengeluhkan perlakuan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Mereka harus mencoblos diatas jam 12.00 WIB hingga 13.00 WIB lantaran tidak memiliki C-6, padahal mereka masuk dalam DPT. Salah satunya seperti laporan Pengawas di TPS 3 di Kelurahan PBB Baru,” terang Komisioner Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslihcam) Medan Timur Bidang Pengawas Hubungan Antar Lembaga (PHL), Muhammad Taufik Hidayat Tanjung saat wawancara di Kantor Panwascam Medan Timur, Jalan Karantina II No 1 A, Kelurahan Glugur Darat II, Kecamatan Medan Timur, Jumat (29/6) malam.

Selain itu, Panwascam Medan Timur menemukan adanya sekitar 10.000 warga yang tidak mengantongi surat C-6 di wilayah Medan Timur.

“Distribusi surat C-6 masih tergolong kurang tepat sasaran. Artinya, dalam hal ini kami menemukan ada sekitar 10.000 warga yang belum mendapat surat C-6 yang masuk dalam DPT. Ditambah lagi distribusi yang dilakukan KPPS belum maksimal, sehingga menimbulkan banyak permasalahan pada saat proses pencoblosan,” katanya.

Meski begitu, warga yang terdaftar dalam DPT maupun tidak, tetap diperbolehkan menggunakan hak suaranya diatas pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB. Akan tetapi memerlukan beberapa syarat seperti membawa KTP-el, Kartu Keluarga, SUKET atau kartu identitas lainnya seperti yang tertuang dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 57, 58, 59 dan 61.

“Salah satu permasalahan atas keluhan warga yang kami temui seperti yang terjadi di TPS 14, Jalan Sidorukun 52, Kelurahan Pulo Brayan Darat II. Menurut laporan Pengawas TPS, tidak sedikit warga yang terdaftar dalam DPT setempat yang belum mendapat surat C-6. Bahkan, jumlah pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) berjumlah 40 orang,” tandas Taufik. (cmt-4)

 

 

Recommended For You


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *